Pengenal
(identifier) adalah suatu nama yang digunakan dalam program untuk menyatakan
variabel, fungsi, dll. Aturan umum yang berlaku bagi pengenal:
- Di awali dengan huruf atau symbol garis bawah ( _ ), atau tanda dolar ($)
- Sisanya dapat berupa huruf, angka, atau simbol garis bawah ( _ )
- Huruf kecil dan capital dianggap berbeda.
Dalam prakteknya, terdapat konvensi tidak tertulis
dalam memberikan nama. Sebagai contoh, nama variabel ditulis dengan awalan
huruf kecil dan setiap awal kata berikutnya ditulis dengan huruf kapital.
Adapun nama konstanta ditulis sepenuhnya dengan huruf kapital.
Contoh pengenal yang absah dan yang salah dapat
dilihat pada tabel berikut:
Absah
|
Salah
|
n
|
Semester
1 (ada spasi)
|
bilangan
|
3Bulan (diawali dengan angka)
|
semester_1
|
modal*bunga (ada tanda *)
|
Mengenal Tipe Data dalam Java
Tipe
data ada 2 macam, yaitu:
- Tipe Data Primitif
• Tipe data yang merupakan kata kunci di Java (tertanam di compiler Java), sehingga pemrosesan jauh lebih cepat
• Menggunakan huruf kecil (lowercase)
• Contoh:
int, double
Tipe
|
Keterangan
|
char
|
Menyatakan sebuah karakter. Contoh sebuah karakter yaitu A, f, 9,
atau *
|
double
|
Menyatakan bilangan real dengan ketelitian tinggi (15 digit). Dapat
menampung bilangan antara 10-308 sampai dengan 10308.
|
float
|
Menyatakan bilangan real dengan ketelitian rendah (6-7 digit). Dapat
menampung bilangan antara 10-38 sampai dengan 1038.
|
byte
|
Menyatakan bilangan bulat antara -128 sampai dengan +127.
|
short
|
Menyatakan bilangan bulat antara -32768 sampai dengan +32767.
|
int
|
Menyatakan bilangan bulat antara -2147483648 sampai dengan +2147483647
|
long
|
Menyatakan bilangan bulat antara -9232372036854775808 sampai dengan +9232372036854775807.
|
boolean
|
Menyatakan nilai logika: true atau
false
|
- Tipe Data Reference (Class)
• Tipe data berupa class yang ada di
library Java (java.lang)
• Menggunakan
huruf capital
• Contoh:
String, Integer, Double
Mengenal Variabel dalam Java
-
Lokasi di dalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan suatu informasi (nilai)
-
Nilai variabel dapat diubah di pernyataan manapun di dalam program
- Mendeklarasikan variabel: tipe namaVariabel1 [namaVariabel2]
- Contoh: int hasilKali;
Variabel
adalah suatu nama yang dipakai untuk menyimpan nilai dan nilainya dapat diubah
sewaktu-waktu ketika program dijalankan.
- Variabel Instan, variabel yang digunakan menyatakan atribut suatu objek.
- Variabel Kelas, variabel yang berlaku untuk semua objek berkelas sama.
- Variabel Lokal, variabel yang dideklarasikan dalam sebuah metode atau dalam suatu blok pernyataan.
Menggunakan tanda sama dengan (=)
- Kebiasaan yang baik untuk memberi nilai awal (initial value) pada local variabel (mencegah bug pada program)
- Secara otomatis, Java akan memberi nilai awal pada instance variable
- Contoh: int hasilTambah = 0;
boolean
status = false;
- Gunakan lowercase untuk variabel yang terdiri dari satu kata atau kata pertama
- Gunakan kapital untuk karakter pertama dari kata kedua, ketiga, dst
- Contoh: int hasil;
boolean
statusMesinMobil;
Button
openFile;
Mengenal Literal dalam Java
Java
memiliki 5 jenis literal:
1.
Literal
bilangan bulat
2.
Literal
bilangan titik-mengambang
3.
Literal
Boolean
4.
Literal
Karakter
5.
Literal
String
Karakter
Escape
Karakter
|
Keterangan
|
\
n
|
Newline
atau pindah baris
|
\
t
|
Tab
horizontal
|
\
r
|
Carriage
return
|
\
f
|
Formfeed
|
\
b
|
Bel
|
\\
|
Karakter
\
|
Mengenal Operator dalam Java
§ Operator
adalah simbol dan karakter khusus (matematika) yang digunakan dalam suatu
ekspresi
§ Contoh:
• int
x = 3;
• int
y = x;
• int
z = x * y;
• boolean
status = true;
Jenis Operator
1.
Operator
Aritmatika
Operator
|
Keterangan
|
+
|
Penjumlahan
|
-
|
Pengurangan
|
*
|
Perkalian
|
/
|
Pembagian
|
%
|
Sisa Pembagian
|
2.
Operator
Penugasan
Operator
|
Keterangan
|
=
|
Pemberian
nilai
|
+=
|
Penambahan
bilangan
|
-=
|
Pengurangan
bilangan
|
*=
|
Perkalian
bilangan
|
/=
|
Pembagian
bilangan
|
%=
|
Pemerolehan
sisa bilangan
|
3.
Operator
Penggabungan
Operator
|
Keterangan
|
x+ = y
|
x
= x + y
|
x- = y
|
x
= x – y
|
x* = y
|
x
= x * y
|
x/ = y
|
x
= x / y
|
4.
Operator
Increment dan Decrement
Increment : menambahkan satu ke nilai variable
(operator = ++)
Decrement : mengurangkan satu ke nilai
variable (operator = --)
Contohnya
x semula
|
Pernyataan
|
Hasil y
|
Hasil x
|
5
|
y
= x++;
|
5
|
6
|
5
|
y
= ++x;
|
6
|
6
|
5
|
y
= x--;
|
5
|
4
|
5
|
y
= --x;
|
4
|
4
|
Contoh coding (Penambahan) :
Maka akan di dapatkan hasil berupa keluaran :
Contoh coding (Pengurangan) :
Maka akan di dapatkan hasil berupa keluaran :
5.
Operator
Bit
Operator
|
Keterangan
|
&
|
Dan
untuk biner
|
|
|
Atau
untuk biner
|
^
|
Atau
eksklusif
|
~
|
Bukan
untuk biner
|
<<
|
Geser
kiri
|
>>
|
Geser
kanan
|
>>>
|
Geser
kanan tak bertanda
|
6.
Operator
Pembanding
Operator
|
Keterangan
|
>
|
Lebih
besar daripada
|
>=
|
Lebih besar atau sama dengan
|
<
|
Kurang
dari
|
<=
|
Kurang
dari atau sama dengan
|
!=
|
Tidak
sama dengan
|
==
|
Sama
dengan
|
7.
Operator
Logika
Operator
|
Keterangan
|
&&
|
Operator
“dan”. Apabila operand yang berada di kiri && bernilai salah maka
operand di kanan && tidak diproses.
|
&
|
Operator
“dan”. Apabila operand yang berada di kiri & bernilai salah maka operand
di kanan & tetap diproses.
|
|
|
|
Operator
“atau”. Apabila operand yang berada di kiri | | bernilai benar maka operand
di kanan | | tetap diproses.
|
|
|
Operator
“atau”. Apabila operand yang berada di kiri | bernilai benar maka operand di
kanan | | tetap diproses.
|
!
|
Operator
“tidak”
|
?:
|
Operator
berkondisi. Mempunyai efek seperti if-else.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar