Mengenal Program Java
Program Java
Java adalah bahasa pemrograman yang terkenal. Java banyak digunakan untuk membangun program, dirilis pertama kali pada tahun 1995 oleh Sun Microsystems. Penciptanya adalah James Gosling.
Java berorientasi pada objek. Pemrograman berorientasi objek (object oriented programming atau OOP) adalah suatu pendekatan yang memungkinkan suatu kode yang digunakan untuk menyusun program menjadi lebih mudah untuk digunakan kembali (istilah aslinya reusability), lebih handal, dan lebih mudah dipahami. Salah satu fitur dalam OOP adalah pewarisan. Fitur inilah yang membuat suatu kode yang telah ditulis dalam bentuk kelas sangat mudah untuk diwariskan ke kelas lain guna mendukung sifat reusable.
Dalam terminologi OOP, kelas adalah suatu cetakan untuk membentuk objek. Sebagai contoh Java menyediakan kelas bernama String. Dengan menggunakan kelas tersebut, objek (atau terkadang disebut instan kelas) yang berisi nama orang serta objek yang berisi alamat orang bisa dibentuk.
Sebuah kelas mengandung dua bagian penting yang disebut atribut dan perilaku. Atribut adalah data yang membedakan satu objek dengan objek lain. Atribut dinyatakan dengan variabel instan. Perilaku menyatakan suatu tindakan yang dikenakan terhadap suatu objek; misalnya untuk mengubah atribut dalam objek. Perilaku diimplementasikan dengan menggunakan metode.
Contoh program java :
Keluaran yang dihasilkan :
Tampilan NetBeans IDE seri 7.2
Contoh program java :
Ucapan.Java
Keluaran yang dihasilkan :
Menulis Program Java
Program Java ditulis menggunakan editor teks apa saja. Di lingkungan Windows, kita bisa menggunakan editor seperti Notepad++ dan NetBeans IDE. Namun dalam blog ini saya menggunakan NetBeans IDE karena lebih mudah dalam membantu mencari kesalahan dalam program apabila terjadi suatu kesalahan kode sumber (source code), tepatnya NetBeans IDE seri 7.2.Tampilan NetBeans IDE seri 7.2
Membuat Program Java
1. Membuat Project Baru
Klik pada menu File, kemudian pilih New Project
Setelah itu, pada categories klik Java lalu pilih Java application kemudian klik tombol Next.
2. Memberi Nama Project
Setelah itu, pada categories klik Java lalu pilih Java application kemudian klik tombol Next.
2. Memberi Nama Project
- Nama Project adalah Latihan1 (misalnya)
3. Menambahkan Java Class pada Project
- Nama Class adalah Ucapan1 (misalnya)
Maka akan di peroleh hasil seperti berikut :
4. Kemudian dilanjutkan dengan menulis source codenya, seperti di bawah ini :
5. Mengompilasi dan menjalankan program java
Program yang dibuat dengan menggunakan editor teks (NetBeans 7.2) seperti Ucapan.java di atas perlu dikompilasi dulu agar bisa dijalankan (dieksekusi). Namun sebelum melakukannya, ikuti langkah berikut.
- Sesudah menuliskan sebuah source code di atas pada NetBeans 7.2, klik tombol Save all
- Kemudian klik tombol Build Project
- Lalu klik tombol Clean and Build Project
- Setelah itu klik tombol Run Project
- Maka akan muncul hasil keluaran dari program tersebut seperti di bawah ini.
Input / Output Stream Sederhana dalam Program Java
1. System.in:
menangani pembacaan dari keyboard (standard input)
2. System.out:
mengirimkan keluaran ke layar (standard output)
3. System.err:
mengirimkan kesalahan (standard error)
Menangani Pemasukan Data
Pemasukan data dari keyboard bias dilakukan dengan
menggunakan objek berkelas Scanner.
Pertama-tama buatlah variabel yang akan merujuk ke objek berkelas Scanner
seperti berikut:
Scanner
scan = new Scanner (system.in);
Perhatikan, penciptaan instan kelas atau objek
dilakukan melalui new dan diikuti
dengan nama kelas Scanner. Pada argumen
Scanner( ), System.in menyatakan keyboard.
Selanjutnya, melalui variabel scan,
data dari keyboard bias dibaca
melalui pemanggilan metode tertentu. Sebagai contoh, program berikut
menunjukkan cara membaca data panjang dan lebar persegipanjang melalui keyboard.
Pada program diatas, terdapat pernyataan:
Import java.util.Scanner;
Kegunaannya adalah menyertakan kelas Scanner yang
terdapat pada paket java.util. Hal ini diperlukan mengingat program menggunakan
kelas Scanner untuk kepentingan pembacaan data dari keyboard.
Pada programLuasPersegipanjang.java,
Panjang =
scan.nextDouble ( );
Digunakan untuk membaca data panjang dari keyboard. Begitu pemakai menekan tombol Enter
maka data dari keyboard diberikan ke variabel
panjang.
Perlu diketahui, agar pemakai tahu bahwa program
meminta pemakai memasukkan data panjang, maka sebelum pernyataan:
Panjang = scan.nextDouble ( );
perlu diberikan informasi pada layar berupa tulisan
Panjang
=
Informasi tersebut ditampilkan melalui:
System.out.print(“Panjang
= ”);
Jika program dikompilasi dan kemudian dijalankan
maka akan diperoleh hasil seperti dibawah ini.
Memahami Paket
Java menyediakan banyak
kelas yang tersimpan dalam paket tertentu. Sebuah paket sebenarnya menyatakan
sebuah folder. Di dalam folder tersebut, sejumlah kelas yang terkait
diletakkan.
Secara bawaan, Java
dengan sendirinya memahami paket java.lang.
salah satu kelas yang tersedia pada paket tersebutadalah String. Itulah sebabnya program Java bias memanfaatkan kelas
tersebut dengan sendirinya.
Untuk mengakses
kelas-kelas tertentu yang tidak terdapat pada folder kerja atau paket
java.lang, diperlukan pernyataan import.
Contohnya telah Anda dapatkan pada
program LuasPersegiPanjang.java.
Mengingat
pada program tersebut diperlukan penggunaan kelas Scanner maka
diatas public class terdapat pernyataan:
import java.util.Scanner;
Kalau ada beberapa
paket yang dilibatkan, misalnya pada java.util,
maka sesudah java.util boleh
dituliskan * yang berarti semua kelas pada java.util.
Jadi, pernyataannya berupa:
import
java.util.*;
Membaca Input dari Keyboard dalam Program Java
Scanner menyediakan metode tersendiri untuk menangani setiap tipe dalam pemasukan data.
Di bawah ini merupakan sejumlah metode untuk membaca tipe data tertentu.
Di bawah ini merupakan sejumlah metode untuk membaca tipe data tertentu.
1. nextInt():
untuk menerima tipe data integer (int)
2. nextShort():
untuk menerima tipe data short
3. nextLong():
untuk menerima tipe data long
4. nextDouble():
untuk menerima tipe data double
5. nextFloat():
untuk menerima tipe data float
6. nextLine():
untuk menerima tipe data string
7. nextBoolean():
untuk menerima tipa data boolean
Contoh berikut memberikan gambaran cara membaca data nama dari keyboard.
Nama.java
String
namamu;
digunakan untuk mendeklarasikan variabel bernama namamu, yang
akan merujuk ke objek berkelas String. Pernyataan:
namamu = scan.nextLine ( );
digunakan untuk membaca string nama yang diketikkan pemakai
dari keyboard dan kemudian akan
dirujuk oleh namamu.
Berikut adalah contoh hasil pengeksekusian program Nama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar